Video Menjelaskan Mengapa Pelatuk Tidak Melekat pada Pohon | Ilmu

Ditulis oleh Elizabeth Pennisi

Tancapkan paku ke pohon, dan Anda akan tersandung. Jadi mengapa hal yang sama tidak terjadi pada paruh burung pelatuk yang tajam? Para ilmuwan akhirnya mendapatkan jawabannya.

Dalam sebuah studi baru, para peneliti merekam video berkecepatan tinggi dari dua burung pelatuk hitam (Dryocubus MartiusMengklik batang kayu keras di kebun binatang dan menganalisisnya bingkai demi bingkai untuk melihat bagaimana kepala dan paruhnya bergerak dengan setiap klik. Rahasia burung itu: Kemampuan untuk menggerakkan paruh atas dan bawahnya secara mandiri, Tim melaporkan minggu ini pada pertemuan tahunan virtual Society for Integrative and Comparative Biology.

Begitu ujung paruh burung pelatuk mengenai kayu, kepala burung sedikit menoleh ke samping, mengangkat bagian atas paruh dan memutarnya sedikit ke arah lain, seperti yang ditunjukkan dalam video. Tarikan ini membuka paruh sedikit dan menciptakan ruang kosong antara ujung paruh dan kayu di dasar lubang berlubang, sehingga burung kemudian dapat menarik paruhnya dengan mudah.

Hingga saat ini, para ilmuwan percaya bahwa paruh burung pelatuk harus dipasang dengan kuat ke tengkorak agar berhasil mencongkel kayu untuk menemukan mangsa serangga. Namun pada kenyataannya, fleksibilitas tagihan pada sendi-sendi ini memastikan bahwa tanda tangan burung “rat-a-tat-tat” tidak berhenti pada “tikus”.

READ  Proyeksi luas bungalo 2021 setelah memperhitungkan dana swap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *