Wakil Wali Kota Bogor: B.J Habibie Bersumbangsih Untuk Pembangunan Manusia Indonesia

mediabogor.com, Bogor – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim memandang sosok mendiang Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie (B.J Habibie) adalah seorang figur nasional yang begitu luar biasa besar jasanya bagi Republik Indonesia.

Menurut Dedie, pada zaman beliau menjabat sebagai Menristek antara tahun 1980 – 1996 ribuan pemuda Indonesia dikirim belajar teknologi ke berbagai negara maju untuk mengambil gelar sarjana di bidang teknik penerbangan, kemaritiman bahkan ruang angkasa.

Alhasil para alumninya kini menempati posisi-posisi strategis di perusahaan besar dunia seperti Boeing, Airbus, Bombardier, Embraer dan juga PT. DI.

“Itulah salah satu sumbangsih nyata beliau untuk pembangunan manusia Indonesia,” kata Dedie melalui pesan singkat, Kamis (12/9/19).

Diketahui, BJ Habibie meninggal dunia dalam usia 83 tahun pada pukul 18.05 WIB pada Rabu (11/9/19) setelah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Atas wafatnya B.J Habiebie, sebagai bentuk penghormatan yang setinggi-tingginya kepada putra terbaik bangsa, Kementerian Sekretaris Negara mengeluarkan surat edaran bersifat sangat segera dalam hal Pengibaran Bendera Negara Setengah Tiang dan Hari Berkabung Nasional.

Surat ini, ditunjukkan kepada para Pimpinan Lembaga Negara, Gubernur Bank Indonesia, para Menteri, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, dan pimpinan lembaga non struktural dan lembaga pemerintah non kementerian.

Selain itu, juga para Gubernur, Bupati, dan Walikota di seluruh Indonesia, para pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), hingga kepala perwakilan Indonesia di luar negeri.

Pengibaran bendera negara setengah tiang dilakukan selama 3 hari berturut-turut terhitung mulai tanggal 12 September sampai dengan 14 September 2019 sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang (UU) Republik lndonesia Nomor 24 Tahun 2009. Pada kurun waktu tersebut juga dinyatakan sebagai Hari Berkabung Nasional. (*/d)