Xiaomi bakal hadirkan layanan internet di Indonesia, begini strateginya – semua halaman

Country Director Xiaomi Alvin Tse Pamerkan andalannya Mi Mix Alpha

Indonesia adalah negara penting dan potensial untuk Xiaomi. Bahkan, pabrikan smartphone seri Mi, Redmi, dan Poco berencana menghadirkan lebih dari sekadar produk fisik.

Xiaomi memiliki tujuan untuk menghadirkan lebih banyak layanan berbasis internet kepada konsumen di negara ini. Demikian disampaikan oleh Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, dalam wawancara eksklusif dengan KompasTekno, pekan lalu.

“Di sektor internet, seiring waktu, setelah bisnis smartphone Xiaomi Berkembang pesat dan layanan purna jual sudah siap, kami ingin meluncurkan berbagai layanan berbasis internet di Indonesia, ”ujar Alvin.

Menurut Alvin, layanan berbasis internet ini akan memudahkan hidup konsumen di Tanah Air.

Salah satu contohnya dengan menghadirkan layanan asuransi berbasis digital yang fiturnya relevan dengan pengguna lokal. Sehingga, pengguna di Indonesia dapat dengan mudah mendapatkan perlindungan asuransi dengan fitur-fitur yang mungkin disesuaikan dengan konsumen.

Namun, dia tidak menjelaskan secara detail caranya Xiaomi akan menghadirkan layanan berbasis internet ini ke pasar ini, dengan waktu berikut.

Namun, dia sesumbar bahwa ini tidak dapat dicapai sendirian. Itu adalah, Xiaomi perlu berkolaborasi dengan beberapa mitra lokal untuk memberikan layanan yang dimaksud.

“Mungkin kami akan bermitra dengan startup lokal, dan mencoba mengintegrasikan layanan berbasis internet ini ke dalam smartphone agar lebih memudahkan penggunanya. Hal seperti ini bisa saja terjadi di Indonesia kedepannya,” kata Alvin.

Baca juga: Daftar AnTuTu Smartphone Tercepat Bulan Agustus, Siapa Nomor Satu?

Fokus pada bisnis internet

Selain bisnis smartphone, Alvin menyebut Xiaomi sebenarnya memiliki model bisnis yang berpusat di internet. Intinya, Xiaomi punya sederet produk yang bisa saling berhubungan dengan teknologi ini.

READ  Belum resmi hadir, Realme 7i sudah muncul di situs belanja online

Sebut saja Mi TV, Mi LED Smart Bulb, Mi Air Purifier, hingga Xiaomi WiFi Extender Pro yang bisa dikoneksikan, berikut ini dikendalikan, langsung dengan smartphone lewat internet lewat aplikasi.

Tak hanya produk, di sektor pemasaran, gerai Xiaomi baik offline seperti Mi Store maupun online seperti Mi.com dan sejumlah mitra e-commerce juga saling terhubung dalam satu rantai distribusi.

Di sektor jasanya sendiri, Xiaomi sebenarnya sudah memiliki beberapa layanan berbasis internet, salah satunya adalah sistem antarmuka (UI) khas perusahaan, MIUI, dan berbagai aplikasi lainnya.

Ke depannya, kata Alvin, Xiaomi berencana menghadirkan layanan internet yang fokus pada sektor keuangan, salah satunya layanan asuransi.

“Kedepannya, Xiaomi akan menyediakan layanan keuangan, seperti berbagai produk asuransi, bersama dengan beberapa layanan internet berbasis aplikasi seperti game, aplikasi, dan rekomendasi dari toko aplikasi,” tutup Alvin.

Baca juga: Bergabung dengan Big Three, Xiaomi diprediksi akan merebut posisi Apple tahun depan

Video Unggulan

KONTEN YANG DIPROMOSIKAN

More from Mahammed Shehata

Memprediksi komposisi pemain Chelsea dan Liverpool: sepak bola

London – Sebuah pertandingan seru akan tersaji di pekan kedua Liga Inggris...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *