Yudo, satu-satunya calon panglima militer, telah dipotong pekerjaan untuknya – Kam, 1 Desember 2022

Yudo, satu-satunya calon panglima militer, telah dipotong pekerjaan untuknya – Kam, 1 Desember 2022

Yerica Lai (The Jakarta Post)

PREMIUM

Jakarta ●
Kamis, 1 Desember 2022

Calon Kepala Tentara Nasional Indonesia (TNI) Adm. Yudo Margono, yang akan menghadapi pertanyaan dari anggota parlemen selama sidang konfirmasi minggu depan, akan menghadapi segunung tantangan untuk mulai mewujudkan visi Presiden Joko “Jokowi” Widodo tentang Poros Maritim Dunia, kata para analis.

Jokowi menominasikan Yudo sebagai Panglima TNI yang baru, menggantikan Jend. Andika Perkasa yang akan mencapai usia pensiun pada 1 Desember mendatang. 21. Pencalonan itu dikukuhkan dalam surat presiden yang dikirim ke DPR, Senin.


Sidang konfirmasi akan digelar pekan depan, kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Rabu, setelah pimpinan DPR melengkapi berkas penugasan Komisi I DPR yang membidangi pertahanan dan luar negeri sebagai tuan rumah sidang.


Ketua Komisi I Meutya Hafid menyambut pencalonan Yudo, mencatat anggota parlemen telah mengetahui rekam jejak Yudo yang mencakup komandonya dalam operasi militer di Laut Natuna Utara ketika kapal-kapal China memasuki zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia pada tahun 2020.


ZEE Indonesia di lepas Natuna telah menjadi pusat ketegangan maritim dengan China, yang telah mengirim kapal penangkap ikan penjaga pantai untuk beroperasi secara ilegal di perairan Indonesia seperti Natuna, yang dekat dengan Laut China Selatan.


“Kami telah melihat penampilannya dengan cukup baik; mengurangi ketegangan [in Natuna sea]. […] Saya senang bahwa Angkatan Laut [chief] diberi kesempatan untuk menjabat sebagai panglima militer,” kata Meutya di Instagram.


Anggota parlemen diharapkan mengajukan pertanyaan kepada Yudo tentang komitmennya untuk memastikan pasukan militer—yang mendominasi warga sipil selama Orde Baru Soeharto—tetap netral menjelang pemilihan umum 2024 dan rencananya untuk memenuhi target Minimum Essential Force (MEF). .pada tahun 2024, antara lain, kata anggota parlemen TB Hasanuddin.


Jika disetujui DPR, Yudo, yang akan menjadi KSAL pertama yang memimpin militer sejak Jokowi menjabat pada 2014, mungkin hanya memiliki waktu 11 bulan untuk menjabat sebagai pucuk pimpinan militer sebelum mencapai pensiun wajibnya pada November tahun depan.

READ  Prof Azra meninggal karena serangan jantung: Dubes Hermono

Dalam masa jabatan sesingkat itu, Yudo perlu membuat peta jalan untuk membantu mengubah Indonesia menjadi poros maritim global, yang terdiri dari proyeksi kekuatan yang sesuai sebagai negara maritim, kesiapan militer, dan aset militer, kata analis pertahanan Connie Rahakundini Bakrie.

untuk Membaca Cerita Lengkap

BERLANGGANAN SEKARANG

Mulai dari Rp 55.500/bulan

  • Akses tak terbatas ke konten web dan aplikasi kami
  • surat kabar digital harian e-Post
  • Tidak ada iklan, tidak ada interupsi
  • Akses istimewa ke acara dan program kami
  • Berlangganan buletin kami

Atau biarkan Google mengelola langganan Anda

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor